The Hunger Games Mockingjay Pin

Minggu, 13 Oktober 2013

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


Kali ini saya akan membahas tentang Desain Permodelan Grafik, tetapi sebelum membahas mendalam tentang Desain Permodelan Grafik saya akan menjelaskan tentang pengertiannya terlebih dahulu.
  • Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

  • Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, system, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototype), model citra (gambar rancangan, citra computer), atau rumusan matematis.

  • Grafik atau Grafika adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah : foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, symbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasii, dan warna.
Dapat disimpulkan bahwa Desain Permodelan Grafik adalah suatu proses untuk menciptakan sebuah obyek berupa model fisik (maket, bentuk prototype), model citra (gambar rancangan, citra computer), atau rumusan matematis menggunakan software (Perangkat Lunak) melalui tahap membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.


Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan Desain Permodelan Grafik :
  • Pemodelan Geometris : Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  • Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  • Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
  • Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System).
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
  • Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi, dll. 
Beberapa software yang digunakan dalam Desai Permodelan Grafik:

Desktop publishing
  •     Adobe Photoshop
  •     Adobe Illustrator
  •     Adobe Indesign
  •     Coreldraw
  •     GIMP
  •     Inkscape
  •     Adobe Freehand
  •     Adobe image ready
  •     CorelDraw
  •     Adobe Page Maker
  •     Paint Tool SAI
Webdesign
  •     Adobe Dreamweaver
  •     Microsoft Frontpage
  •     Notepad
  •     Adobe Photoshop
Audiovisual
  •     Adobe After Effect
  •     Adobe Premier
  •     Final Cut
  •     Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  •     Ulead Video Studio
  •     Magic Movie Edit Pro
  •     Power Director

Rendering 3 Dimensi

  •     3D StudioMax
  •     Maya
  •     AutoCad
  •     Google SketchUp
  •     Light Wave
  •     Blender
  •     Softimage


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/ 
http://safemode.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar