The Hunger Games Mockingjay Pin

Sabtu, 16 Mei 2015

Google Cardboard



Apa itu Google Cardboard? Google merupakan salah satu mainan baru dari Google, dengan menggunakan bahan yang sangat sederhana beruba kardus, google menciptakan sebuah Virtual Reality dengan harga yang sangat murah. Virtual Reality atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Sebenarnya sudah banyak hardware atau headset untuk merasakan sensai Virtual Reality tapi harganya cukup mahal. Google membuatnya menjadi simple, hanya dengan kardus Anda bisa merasakan Sensai Virtual Reality , sesuai dengan motonya "Experience virtual reality in a simple, fun, and inexpensive way."

Google Cardboard menggunakan aplikasi yang bisa di download dari Google Playstore , yang bernama Cardboard

Carboard termasuk jenis VR, Virtual reality(VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Oculus rift adalah device Virtual Reality yang paling populer untuk bermain game harganya $350
.

Google menamai teknologi virtual reality miliknya dengan nama cardboard. Namun apa yang membedakan cardboard milik google dengan gear VR milik samsung ataupun HTC revive milik HTC? Yang menarik serta unik dan membedakanya dengan produk virtual reality lainnya ialah bahan pembuatannya. Cardboard milik google ini dibuat dari kardus bekas. Bagaimana mungin sebuah heanset virtual reality sekelas oculuc rift di buat dari kardus bekas? yha itulah hebatnya google yang selalu memiliki inovasi unik. selain bahannya yang mudah didapat dengan harga terjangkau, tentu saja cardboard milik google ini ramah lingkungan. Meskipun terbuat dari bahan bekas, kacamata kardus milik google ini dapat menyajikan visualisasi seperti layaknya gear VR milik samsung ataupun oculust VR milik Facebook. selain murah, berguna pula. siapa yang tak mau dengan barang murah namun berkualitas? Sepertinya kali ini google ingin menunjukkan tidak selamanya barang canggih itu berharga mahal serta hanya untuk orang dengan ekonomi kelas menengah ke atas saja. Jika kita berkeinginan ingin mencoba cardboard milik google ini, google hanya akan memberikan pola pola potongan dan lipatan dari kardus bekas dan kita sendiri yang akan merakit dan melipat menjadi kacamata 3D.

Bahan bahan pembuatannya pun mudah didapat. Bahan itu antara lain ialah : 2 buah magnet, magnet cincin dan magnet keramik, dua buah lensa, yang fungsinya untuk membantu meproyeksikan gambar 3D, 2 buah velcro untuk menahan smartphone android agar tidak lepas dari cardboard, karet gelang, serta smartphone android. sebenarnya tak ada teknologi canggih dalam cardboard milikgoogle ini. inti atau otak dari cardboard ini adalah smartphone android yang harus diinstal aplikasicardboard yang dapat di download gratis melalui google play store. aplikasi inilah yang akan merubah smartphone android seperti layaknya heanset virtual reality yang akan diproyeksikan dalam bentuk gambar 3D dengan bantuan 2 buah lensa. untuk masalah smartphone, hampir semua smartphone android mendukung disain cardboard milik google ini, asalkan minimal smartphone android tersebut menjalankan os android 42 jellybean ke atas serta memiliki GYRO sensor, magnet sensor, serta NFC. Cara memakainya pun cukup mudah, magnet yang terdapat pada sisi kiricardboard adalah satu satunya navigasi yang dapat kita gunakan untuk menjelajah pada google cardboard ini. dan untuk mencari menu yang kita inginkan, kita harus menggerakkan leher kita, dan apabila menu yang kita inginkan sudah di dapat, maka kita dapat mengconfirmasi menu tersebut dengan menarik magnet cincin yang terdapat di sisi kiri cardboard ke bawah.

support hanya dengan Smartphone Android karena google membuat hanya bisa dengan android, untuk menyaingi Oculus rift.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar