The Hunger Games Mockingjay Pin

Sabtu, 21 April 2012

IBD: MANUSIA DAN PENDERITAAN




NAMA: FIQIE FATIHAAN ARIFIN
KELAS: 1IA03
NPM : 52411880






MANUSIA DAN PENDERITAAN









1.DEFINISI MANUSIA
Manusia

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Tapi selain pengertian di atas, ada juga beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari manusia, seperti berikut ini :

NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang

ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana"

UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik

SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar

KEES BERTENS
Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan

I WAYAN WATRA
Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa

OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan

ERBE SENTANU
Manusia adalah mahluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk yang lain

PAULA J. C & JANET W. K
manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Senin, 09 April 2012

IBD: MANUSIA DAN CINTA KASIH




NAMA: Fiqie Fatihaan Arifin

KELAS: 1IA03

NPM: 52411880






MANUSIA DAN CINTA KASIH

A.PENGERTIAN CINTA KASIH

Menurut kamus bahasa Indonesia W.J.S Poerwadarminta, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat umat d
engan Tuhannya agarmanusia dapat menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya dan berpegang teguh pada syariatnya.
Cinta yang dikemukakan oleh Dr. Sarlito W sarwono memiliki 3 unsur yaitu : keterkaitan, keintiman, kemesraan.

KETERKAITAN

Adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, dan tidak mau pergi dengan orang lain, kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikit beli oleh-oleh untuk dia.

KEINTIMAN
Yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkaha laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.

KEMESRAAN
Yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh/lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.

Tugas IBD Pilihan Ganda 1



Nama : Fiqie Fatihaan Arifin
NPM : 52411880

Kelas : 1IA03




I. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR DARI SOAL BERIKUT INI

1) Mata kuliah pengantar ilmu sosial :
a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu sosial.
b. memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam.
c. memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi.

d. memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci.

Jawaban: a

 
2) Ilmu sosial dasar adalah :
a. ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat.
b. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral.

c. tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi.
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian 

(fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian.
 

Jawaban: d
 
3) Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
a. anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b. kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan

c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau kolonial
d. a, b dan c benar.

Jawaban: c

4) Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :

a. personal.
b. akademis.
c. likwidasi.
d. profesional.

Jawaban: c

 
5) Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah :
a. para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas.
b. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi.
d. a, b dan c benar.

Jawaban: c

6) ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk :
a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing.
b. memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang diberikan.
c. mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah sosial.
d. a, b dan c benar.

Jawaban: a

7) Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
a. subject-oriented.
b. object-oriented.
c. problem-oriented.
d. humanties.

Jawaban: c

 
8) Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
a. ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya.
b. bidang studi yagn merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial.
c. suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi.
d. a, b dan c benar.

Jawaban: b

 
9) Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan :
a. asal-usul ilmu pengetahuan.
b. hidup dan kehidupan manusia didunia.
c. rasa ingin tahu manusia mengenai dunia.
d. pencabangan ilmu pengetahuan.
e.penelaahan alam sekitar dan perkembangannya.

Jawaban: b

 
10) Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan :
a.personal.

b.profesonal.
c.akademik.
d.manajerial.
e.vokasional.

Jawaban: a

 
11) Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar : a.memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja.

b.menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan.
c.peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar.
d.selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat.
e.memiliki kemampuan tinggi dalam profesinya.

Jawaban: c

12) ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :

a.ISD berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin.
b.ISD berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin.
c.ISD berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis.
d.ISD berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial berorientasi materi.
e.ISD berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi.

Jawaban: d